Liburan identik dengan mengistirahatkan tubuh dan jiwa setelah lelah dengan pekerjaan sehari-hari yang menyita tenaga dan pikiran. Seringkali saat liburan kita juga mencari makanan-makanan yang menjadi ciri khas dari destinasi liburan. Hal inilah yang bisa memicu kenaikan berat badan seusai pulang dari liburan. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi tubuh saat liburan, kamu juga perlu tetap berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di sela-sela liburan. Berikut ini adalah di antaranya.

Baca juga: 7 Makanan Aphrodisiac Untuk Meningkatkan Hasrat

1. Stretching atau peregangan ringan

Melakukan perjalanan ke tempat liburan seringkali memakan waktu yang cukup lama. Kamu pun hanya bisa duduk atau memegang kendali di balik kemudi mobil. Posisi tubuh yang stagnan selama berjam-jam dapat menyebabkan kondisi yang dinamakan deep vein thrombosis atau penggumpalan darah dan berakibat kram pada bagian tubuh tertentu.

Untuk mengantisipasinya cukup mudah dengan melakukan jenis olahraga peregangan ringan. Luangkan waktu lima sampai 10 menit untuk mengubah posisi duduk dan lakukan sejumlah peregangan untuk mengurangi tekanan berlebih pada otot. Lakukan peregangan yang semestinya dan cukup agar sirkulasi darah yang terhambat bisa lancaar kembali.

2. Berjalan kaki

Mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Kamu tidak perlu menggunakan peralatan apa pun untuk melakukannya. Cukup alas kaki nyaman dan jalanan yang siap dijelajahi. Lagipula, liburan adalah saatnya untuk mengeksplorasi destinasi wisata dan di mana letak serunya kalau tidak merasakannya dengan berjalan kaki?

Bangun pada pagi hari dan mulailah berjalan mengitari hotel atau penginapan sebelum beraktivitas. Selain itu, cobalah untuk bepergian dengan berjalan kaki untuk mengunjungi tempat wisata yang sekiranya masih bisa dijangkau dengan jalan kaki. Jenis olahraga seperti ini tentunya bisa membuat kamu membakar kalori dua kali lipat lebih banyak dan bujet liburan pun tetap bisa dihemat.

3. Jogging

Lari juga termasuk jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk saat liburan. Kamu tinggal mengenakan sneakers dengan bantalan empuk yang enak buat dibawa jalan-jalan dan lari. Jika kamu liburan ke pantai, cobalah untuk lari tanpa alas kaki di pasirnya. Selain menambah efek beban, lari di atas pasir juga bisa memberikan refleksi alami pada kaki akibat gesekan halus dengan pasir pantai.

Jogging selama 30 sampai 45 menit liburan bisa membakar kalori berlebih dari kuliner-kuliner lezat yang kamu makan saat liburan. Berat badan pun tetap terjaga dan tubuh tetap terjaga kebugarannya.

4. Berenang

Memanfaatkan fasilitas di hotel menjadi hal yang tak boleh dilewatkan saat liburan. Salah satu fasilitas hotel yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga adalah kolam renangnya. Kamu hanya perlu menyediakan baju renang yang ringan untuk dimasukkan ke dalam koper saat liburan.

Luangkan waktu pada pagi hari sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk renang. Meskipun terlihat sederhana, olahraga renang ini akan membuat seluruh tubuh bergerak dan membakar kalori lebih banyak dibandingkan lari. Selain itu, kamu juga bisa menemani anak-anak yang ingin main air di kolam renang.

5. Latihan beban atau body-weight excercise

Jenis olahraga dengan latihan beban tetap bisa dilakukan saat liburan tanpa harus pergi ke gym atau membawa barbel yang berat di dalam koper. Salah satu latihan beban yang praktis dan mudah dilakukan kapan saja adalah body-weight excercise. Latihan ini menggunakan berat badan kamu sebagai bebannya. Kamu bisa mulai melakukan beberapa gerakan seperti push-up, squat, jumping jack, atau sit up. Lakukan gerakan ini dengan repetisi mulai dari 10 sampai 15 kali per setnya dan lakukan dalam tiga set. Akhiri latihan dengan melakukan plank selama dua sampai tiga menit.

Baca juga: Ini 5 Menu Sehat Untuk Diet Yang Tepat

Selain olahraga yang cukup agar tubuh tetap bugar, kamu juga bisa menambahkan asupan suplemen untuk menjaga agar stamina tetap prima selama liburan. Bee Ultra dengan kandungan bahan-bahan alaminya bisa membuat tubuh lebih sehat dan liburan pun menjadi jauh lebih berkesan.