Latihan atau olahraga harus diimbangi dengan berbagai hal. Bisa dengan nutrisi atau makanan hingga istirahat atau tidur yang cukup. Nah, untuk yang terakhir kebanyakan orang tidak menyadari adanya hubungan tidur dengan latihan yang kuat.

Baca juga: 7 Jenis Workout Singkat untuk Otot yang Lebih Padat

Bahkan W. Christopher Winter, MD, Presiden dari Neurologi dan Pengobatan Tidur di Charlottesville mengatakan bahwa bila kamu tidak tidur yang cukup, tubuhmu bisa rusak. Lalu seperti apa hubungan antara tidur yang cukup dengan latihan lebih kuat? Untuk tahu jawabannya, ikuti saja ulasan berikut.

Tidur mempengaruhi stamina

Pada dasarnya orang yang tidak tidur dengan cukup tidak akan punya energi untuk latihan. Ini merupakan hal yang sangat mendasar. Karena tubuh butuh energi untuk beraktivitas, apalagi untuk berolahraga.

Lho, kalau begitu makan yang banyak cukup, dong? Tidak juga. Mungkin memang akan memberikan asupan energi, tetapi tubuh juga butuh untuk istirahat. Karena tubuh membutuhkan waktu untuk pemulihan, pengawetan energi, serta pembentukan otot-otot. Semua hal tersebut dilakukan ketika manusia tidur.

Bila kamu tidak tidur dengan cukup dan lebih mengedepankan latihan, beberapa hal mungkin terjadi. Pertama, kamu akan kurang konsentrasi. Karena dengan tidak tidur cukup, badanmu tidak sepenuhnya pulih. Bila dipaksakan untuk berolahraga, kamu bisa-bisa salah hitungan ataupun sering bengong.

Kedua, kamu jadi kekurangan akurasi. Tidak percaya? Coba saja untuk olahraga seperti bermain tenis meja atau badminton. Kamu pasti akan kesulitan untuk memukul kok atau bola pingpong. Alhasil olahragamu menjadi percuma.

Baca juga: 5 Manfaat Ginseng Korea Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tidur yang ideal

Jadi butuh tidur berapa lama untuk bisa berolahraga secara ideal? Manusia butuh sekitar 7 hingga 8 jam untuk beristirahat. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu tidur paling tidak 7 jam dalam satu hari sebelum latihan. Meskipun sebenarnya menurut Yayasan Tidur Nasional di Amerika Serikat, orang dewasa membutuhkan waktu untuk tidur selama 9 jam.

Dengan tidur selama 7 jam sehari, kamu bisa melakukan latihan apapun di gym. Karena tubuh diyakini sudah melakukan pemulihan dan memiliki energi yang cukup untuk berolahraga. Kamu bisa melakukan semua set latihan dengan baik.

Kemudian bagaimana bila tidurnya hanya sekitar 6 jam saja setiap malam? Untuk kasus seperti ini, yang dibutuhkan adalah mengatur kembali jadwal olahragamu. Setidaknya hal tersebut yang diusulkan oleh Kelly Glazer Baron Ph.D., seorang psikologi klinis dan Lektor Kepala di Universitas Utah.

Menurut Baron, kamu bisa tidur yang cukup selama 15 menit lebih awal atau menyingkat ritual pagimu untuk mendapatkan jumlah istirahat yang lebih baik. Setelah itu, kamu bisa latihan selama 15 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Latihan ini bisa dilakukan saat jam makan siang atau ketika pulang kantor.

Tak selamanya tidur itu nyenyak

Kemudian masalah akan datang saat kamu bermimpi buruk. Walhasil, durasi tidurmu pasti akan kurang. Untuk permasalahan seperti ini, kamu bisa melakukan olahraga yang ringan saja keesokan harinya.

Menurut Dr. Robert Graham M.D., M.PH., salah seorang penemu FRESH Med di Fisiologi New York, Amerika Serikat, kamu bisa melakukan 20 sampai 30 menit olahraga yang ringan atau latihan yang minim gerak keesokan harinya. Lakukan hal tersebut hingga waktu tidurmu kembali normal.

Karena bagaimanapun kurang tidur sama saja dengan memberikan stres tambahan pada tubuhmu. Oleh karena itu, mengapa memberikan beban tambahan dengan berolahraga secara normal pada tubuhmu? Biarkan istirahat untuk memulihkan kondisi badan sehingga memiliki energi yang kuat.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga agar Tubuh Tetap Bugar hingga Tua

Nah, dengan ulasan betapa pentingnya tidur untuk bisa latihan secara kuat di atas, semoga bisa menyadarkan kamu betapa pentingnya beristirahat. Namun, bila istirahatmu masih terasa kurang, kamu bisa mengonsumsi Bee Ultra yang memiliki bahan-bahan seperti Royal Jelly, Bee Pollen, hingga Korean Ginseng Root untuk membantu kamu mendapatkan tidur lebih berkualitas. Selain itu, dengan kandungan bahan-bahan tersebut, suplemen ini juga bisa mengembalikan energi yang hilang dan membuatmu lebih bugar.

Jadi, berapa lama kamu tidur dalam sehari?